Pages

ivanetra. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MANIPULATOR

      Manipulator memiliki dua bagian, yaitu bagian dasar dan bagian tambahan. Gambar 1 memberikan gambaran tentang bagian dasar dan bagian tambahan.

 
      Gambar 1. Komponen dasar manipulator robot
      Bagian dasar manipulator bisa kaku terpasang pada lantai area kerja ataupun terpasang pada rel. rel berfungsi sebagai path atau alur sehingga memungkinkan robot untuk bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam satu area kerja. Bagian tambahan merupakan perluasan dari bagian dasar, bisa disebut juga lengan/arm. Bagian ujungnya terpasang Efektor yang berfungsi untuk fungsi kerja dari robot.
      Manipulator digerakkan oleh actuator atau disebut sistem drive. Actuator atau sistem drive menyebabkan gerakan yang bervariasi dari manipulator. Actuator bisa menggunakan elektrik, hidrolik atau pneumatik. Bagian actuator ini akan dijelaskan pada selanjutnya.

KONTROLER

      Kontroler merupakan jantung dari sistem robot sehingga keberadaannya sangat penting. Kontroler menyimpan informasi yang berkaitan dengan data data robot, dalam hal ini data gerakan robot yang telah diprogram sebelumnya.
      Gambar 2. Memberikan gambaran sebuah kontroler dan manipulator robot. Kontroler berfungsi untuk mengontrol pergerakan dari manipulator. Kontroler sendiri diatur oleh sebuah informasi atau program yang diisikan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Informasi tersebut kemudian disimpan dalam memori. Data dan memori dapat dikeluarkan atau diedit sesuai dengan yang dibutuhkan.
      Dahulu kontroler dibuat dari drum mekanik yang bekerja step by step secara sequential dan sangat sederhana. Dimasa sekarang kontroler menggunakan mikrokontroler yang dapat bekerja dengan pergerakan yang sangat kompek dari sistem robot.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image >

Ads 468x60px

Social Icons

Featured Posts